No image available for this title

TESIS SAINS

PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PERILAKU MENCONTEK MELALUI MEDIATOR SELF-EFFICACY (PENELITIAN DI KELAS XI SMA NEGERI I HALMAHERA UTARA)



ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan self-regulated Learning terhadap perilaku mencontek melalui mediator self-efficacy (Penelitian di kelas XI SMA Negeri I Halmahera Utara). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel independen konformitas teman sebaya dan self-regulated learning, variabel dependen perilaku mencontek dan variabel mediator self-efficacy. Subjek penelitian berjumlah 173 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan probability sampling, dengan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala konformitas teman sebaya, skala self-regulated learning, skala perilaku mencontek dan skala self-efficacy dengan menggunakan skala Likert. Teknik analis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa konformitas teman sebaya berpengaruh terhadap self-efficacy sebesar 3,68 %, self-regulated learning berpengaruh terhadap Self-efficacy sebesar 2,46 %, Self-efficacy berpengaruh terhadap perilaku mencontek sebesar -2,82 % . Nilai RMSEA sebesar 0,078 ini berarti bahwa Konformitas teman sebaya dan Self-regulated learning perpengaruh positif terhadap perilaku mencontek melalui mediator self-efficacy.

Kata kunci : Konformitas teman sebaya, Self-regulated learning, Self-efficacy, Perilaku mencontek


Ketersediaan

T PDK 66 SAINS 2015Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T PDK 66 SAINS 2015
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1065290006
Klasifikasi
TESIS 15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this