No image available for this title

TESIS SAINS

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA, SELF-EFFICACY, SELF-REGULATED LEARNING (SRL), TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 139 JAKARTA



ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar matematika, self-regulated Learning dan self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada SMP Negeri 139 Jakarta. Populasi adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 139 Jakarta dengan jumlah populasi sebanyak 252 siswa dan didapat jumlah sampel 155 siswa/siswi. Dalam ujicoba penelitian Skala Motivasi Belajar matematika terdapat 36 item, diketahui bahwa 21 item dinyatakan valid dan 15 item dinyatakan gugur. Skala self-efficacy terdapat 12 item, diketahui bahwa 9 item dinyatakan valid dan 3 item dinyatakan gugur. Skala self-regulated Learning terdapat 16 item, diketahui bahwa 15 item dinyatakan valid dan 1 item dinyatakan gugur. hasil analisis data penelitian pada hipotesis dengan menggunakan antara korelasi bivariate motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0.352 dan p = 0,000 Berarti ada hubungan dengan arah positif antara motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika . Skala self-regulated Learning dengan prestasi belajar matematika diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0.338. Berarti ada hubungan dengan arah positif antara self-regulated Learning dengan prestasi belajar matematika. Skala self-efficacy dengan prestasi belajar matematika diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0.331. Berarti ada hubungan dengan arah positif antara self-efficacy dengan prestasi belajar matematika. Berdasarkan regresi ganda untuk menguji hipotesis ketiga diperoleh nilai berikut R= 0,477, R 2 = 0,228 dengan p = 0.000 dan p < 0,05 jadi ada hubungan motivasi belajar matematika, self-regulated Learning dan self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada SMP Negeri 139 Jakarta diterima.

Kata kunci : motivasi belajar matematika, self-regulated Learning, self-efficacy dan prestasi belajar matematika




Ketersediaan

T PDK 71 SAINS 2016Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T PDK 71 SAINS 2016
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1265290001
Klasifikasi
TESIS 16
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this