No image available for this title

TESIS SAINS

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN MOTVASI BELAJAR SEBAGAI MEDIATOR



ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari self-efficacy terhadap
prestasi belajar mahasiswa dengan motivasi belajar sebagai variabel mediator. Penelitian ini
dilakukan di salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Jakarta. Jumlah yang diteliti
adalah 128 sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling.
Instrumen penelitian menggunakan skala self-efficacy dengan alpha cronbach 0,94 dan skala
motivasi belajar dengan alpha cronbach sebesar 0,89. Dari perhitungan statistik dengan
menggunakan program Lisrel 9.20 didapatkan hasil bahwa ada pengaruh positif self efficacy
terhadap motivasi belajar yaitu r=0,74, dan pengaruh positif motivasi belajar terhadap
prestasi belajar yaitu r=0,45. Sementara pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar
mahasiswa secara tidak langsung yaitu melalui variabel motivasi belajar sebagai mediator,
ternyata lebih baik dibandingkan pengaruh self-efficacy terhadap prestasi belajar secara
langsung.
Kata kunci: self efficacy, motivasi belajar, prestasi belajar


Ketersediaan

T PDK 88 SAINS 2018Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T PDK 88 SAINS 2018
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1565290013
Klasifikasi
TESIS 18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this