No image available for this title

TESIS SAINS

PERAN SELF REGULATED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG SERING MENGIKUTI LOMBA EKSTRAKURIKULER OLAH RAGA SEKOLAH



ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran self regulated learning dan motivasi
belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti
lomba ekstrakurikuler. Penelitian ini dilakukan di SMA ST. Bellarminus, Jakarta
dan SMA Bunda Hati Kudus, Kota wisata. Metode pengumpulan data
menggunakan skala self regulated learning dan skala motivasi belajar yang di
adaptasi dari skala motivasi ACRS John Keller. Prestasi belajar matematika
diperoleh dari dokumentasi rapor siswa. Teknik analisis data yang digunakan
regresi sederhana dan regresi ganda. Analisis regresi sederhana self regulated
learning terhadap prestasi belajar matematika memperoleh (r) sebesar 0.205 dan p
= 0.010 < 0.05. Motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa yang
sering mengikuti lomba ekstrakurikuler memperoleh (r) sebesar 0.184 dan nilai p =
0.022 < 0.05. Analisis regresi ganda self regulated learning dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba
ekstrakurikuler memperoleh (R) 0.225. Skor R square adalah 0.050 yang berarti
ada sebesar 5.0% variasi prestasi belajar mampu dijelaskan oleh dua variabel
independen. Hasil dari analisis data ini menunjukkan ada peran yang kuat dari
self regulated learning dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh
terhadap prestasi belajar matematika siswa yang sering mengikuti lomba
esktrakurikuler olahraga. Penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi orang
tua untuk membantu menumbuhkan minat belajar anak di sekolah dan di rumah.
Bagi guru olahraga membantu memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi
siswa di dalam kelas dan bagi guru matematika dapat dijadikan pertimbangan
dalam meningkatkan prestasi belajar matematika di sekolah.
Kata kunci : self regulated learning, motivasi belajar,dan prestasi belajar
matematika


Ketersediaan

T PDK 89 SAINS 2018Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T PDK 89 SAINS 2018
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1565290006
Klasifikasi
TESIS 18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this