No image available for this title

Tesis Profesi

PENDEKATAN SISTEM PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK PADA SLB (SUATU MODEL PELATIHAN DI BCD NUSANTARA)



ABSTRAK

Kurikulum Pendidikan Luar Biasa saat ini mengendepankan pengalaman belajar yang berkaitan dengan situasi konkrit kehidupan sehari-hari. Hal ini berkesinambungan dengan pendekatan system pembelajaran dan pengajaran kontekstual konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat (US Departement of Education, 2001). Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik merancang sebuah program pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan metode pengajaran dalam mengajarkan keterampilan sosial pada guru SLB BCD Nusantara. Keterampilan sosial merupakan salah satu kecakapan hidup yang sangat penting dan harus dikuasai oleh setiap individu agar dapat hidup secara berdampingan dan dapat berkomunikasi dengan baik satu sama lain. Tidak semua individu memiliki keterampilan sosial yang baik. Namun keterampilan ini dapat dipelajari dengan adanya proses pembelajaran yang tepat. Pendidikan Luar Biasa merupakan sebuah pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan anak dengan karakteristik yang unik dan tidak dapat dipenuhi oleh kurikulum sekolah regular, sehingga dalam proses belajar mengajar memerlukan metoda pengajaran yang khusus dan disesuaikan dengan karakteristik anak. Salah satu hambatan anak berkebutuhan khusus adalah keterampilan sosial. Keterampilan sosial adalah kemampuan individu untuk berkomunikasi efektif dengan orang lain baik secara verbal maupun nonverbal sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada pada saat itu, di mana keterampilan ini merupakan perilaku yang dipelajari. Individu dengan keterampilan sosial yang baik akan mampu mengungkapkan perasaan baik positif maupun negatif dalam hubungan interpersonal, tanpa harus melukai orang lain (Hargie, Saunders, & Dickson dalam Gimpel & Merrell, 1998).
Keyword : Sistem Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual, Keterampilan Sosial


Ketersediaan

T PDK 43 PROFESI 201Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T PDK 43 PROFESI 2015
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
967290009
Klasifikasi
TESIS PROFESI 15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this