No image available for this title

Tesis Profesi

PENERAPAN KONSELING DIREKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA UNDERACHIEVER YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN



ABSTRAK

A adalah seorang siswa underachiever yang memiliki motivasi belajar rendah ditandai dengan perilaku penerimaan diri dan konsep diri negatif, adanya rasa malas belajar dan mengerjakan PR, kurangnya minat untuk membaca buku-buku pelajaran, disiplin belajar rendah, sering melalaikan tugasnya dan senang menunda-nunda waktu belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konseling direktif dapat digunakan untuk meningkatkan motovasi belajar pada siswa underachiever yang tinggal di Panti Asuhan dan memperoleh hasil dari penerapan konseling direktif dalam membantu meningkatkan motivasi belajar pada siswa underachiever yang tinggal di Panti Asuhan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah single case design dan penelitian ini juga menggunakan “ABA design”. CP menggunakan observasi, wawancara dan tes psikologi diantaranya adalah WISC, Grafis dan intervensi konseling direktif. Konseling direktif dapat diberikan kepada siswa underachiever yang memiliki motivasi belajar rendah, khususnya yang tinggal di panti asuhan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan perilaku belajar ke arah yang positif, dimana mean motivasi belajar rendah pada siswa underachiever mengalami peningkatan dengan tahap intervensi, yaitu 90,22% dan menunjukkan peningkatan dari mean motivasi belajar rendah pada siswa underachiever pada baseline (A1). Hal ini menunjukkan bahwa konseling direktif cukup efektif dalam mengatasi motivasi belajar rendah pada siswa underachiever selama mengikuti kegiatan belajar di panti.
Kata kunci: underachiever, konseling direktif, anak


Ketersediaan

T PDK 46 PROFESI 201Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T PDK 46 PROFESI 2015
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1067290060
Klasifikasi
TESIS PROFESI 15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this