Detail Cantuman
Advanced SearchTesis Profesi
PELATIHAN MANAJEMEN KELAS PADA GURU SD MUTIARA INDONESIA BEKASI
ABSTRAK
Pendidikan merupakan hal yang paling utama dalam pembentukan karakter bangsa, pemerintah berupaya meningkatkan taraf kehidupan bangsa serta merealisasikan komitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa hal ini terlihat dari pembangunan sarana pendidikan yaitu sekolah di seluruh daerah di Indonesia. Sekolah merupakan sebuah instutusi yang di dalamnya terdapat sarana (gedung dan fasilitas sekolah), guru dan murid, untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan optimal peran guru sangat penting dalam mengontrol kegiatan belajar di kelas oleh karena itu manajemen kelas sangat di butuhkan. Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi dan pengawasan yang dilakukan oleh guru dalam suatu kelompok siswa di tempat dan waktu yang sama untuk tujuan belajar yang efektif. Masalah yang dialami oleh guru di SD Mutiara Indonesia adalah banyak yang belum mengerti manajemen kelas secara benar, guru mengajar sesuai dengan materi pelajaran, kondisi kelas, metode belajar dan perhatian terhadap murid kurang optimal sehingga proses belajar kurang kondusif. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik merancang suatu program pelatihan manajemen kelas untuk guru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental design yaitu desain kelompok tunggal one-group pre test-post test design. Untuk mengetahui hasil perbandingan antara pre test dan post test digunakan teksnik statistika yaitu uji Wilcoxon dengan menggunakan SPSS 20 for windows. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SD Mutiara Indonesia yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan signifikansi sebesar Sig. (2-tailed) = 0,000 yang adalah < 0,05, maka H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan manajemen kelas sebelum dan setelah diberikan pelatihan manajemen kelas. Dari hasil pelatihan yang dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas. Saran dari pelatihan ini agar pihak sekolah dapat menerapkan ilmu yang diberikan dengan mengontrol dan mengkonsistenkan manajemen yang dilakukan oleh guru.
Kata kunci: Manajemen kelas
Ketersediaan
T PDK 49 PROFESI 201 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
T PDK 49 PROFESI 2015
|
Penerbit | Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta., 2015 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
1367290012
|
Klasifikasi |
TESIS PROFESI 15
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain