No image available for this title

Tesis Profesi

PENERAPAN METODE VAKT (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC DAN TACTILE) UNTUK MENANGANI SISWA DYSLEKSIA DI KELAS V SDN PEGANGSAAN 02 PETANG JAKARTA PUSAT



ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penerapan Metode VAKT yang diterapkan pada siswa kelas V yang mengalami dysleksia (kesulitan belajar membaca), disebuah Sekolah Dasar Negeri di Jakarta Pusat. Penelitian sebelumnya, menunjukkan bahwa penerapan Metode VAKT ini bisa membantu anak yang mengalami dysleksia (kesulitan belajar membaca) pada anak-anak. Subyek dipilih berdasarkan dari hasil test, observasi dan wawancara yang sebelumnya dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan type Single Case Experiment, yaitu penelitian yang melihat perubahan perilaku pada subyek tunggal. Peneliti melakukan pengamatan secara terus menerus terhadap perilaku subyek tunggal sebelum dan sesudah treatment diberikan. Disini peneliti akan memberikan suatu bacaan cerita kepada subyek, lalu peneliti akan mencatat berapa lama waktu yang dibutuhkan subyek untuk membaca dan berapa banyak kata yang dapat dibaca dengan benar oleh subyek. Selanjutnya peneliti akan memberikan intervensi dengan menggunakan metode VAKT dari Fernald. Intervensi yang digunakan berupa pengenalan huruf-huruf alphabet, menuliskan suatu hururf atau kata, menguraikan suatu kata dan mengajarkan subyek cara membaca dengan benar.
Kata Kunci : dysleksia, metode VAKT


Ketersediaan

T PDK 54 PROFESI 201Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
T PDK 54 PROFESI 2015
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1267290024
Klasifikasi
TESIS PROFESI 15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this